extraordinary blog :)

Wirausaha atau kewirausahaan dalam arti umum adalah seseorang atau kelompok yang melakukan usaha atau membangun usaha dengan cara berdiri sendiri, sedangkan dalam arti khusus adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan bathin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.

Image

Dalam berwirausaha diperlukan suatu tanggung jawab sosial untuk menjalankan suatu usahanya yang umumnya dikenal dengan istilah CSR (Corporate Social Responsibility) . CSR adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Tanggung jawab perusahaan tersebut dapat berbentuk pembinaan maupun pengembangan dalam berbagai bidang. Tujuan dari penerapan tanggung jawab sosial adalah untuk memberikan kenyamanan dan keuntungan dalam jangka panjang. Berikut beberapa bentuk tanggung jawab sosial wirausahawan :

1. Tanggung jawab terhadap lingkungan, dimana wirausahawan harus selalu menjaga kelestarian lingkungan.
Misalnya pada rumah makan sebagai wirausahawan,tanggung jawab terhadap lingkungan ini bisa berbentuk tidak membuang sampah sembarangan.

2. Tanggung jawab terhadap pelanggan, antara lain : (a) menyediakan barang atau jasa yang berkualitas, (b) memberikan harga yang wajar. (c) melindungi hak-hak konsumen, yaitu hak mendapatkan produk yang aman, mendapat informasi tentang produk, hak untuk didengar dan hak untuk memilih barang apa yang hendak dibeli.

CSR akan memberikan hasil baik langsung maupun tidak langsung pada keuangan perusahaan di masa mendatang. Perusahaan melakukan program-program CSR diharapkan keberlanjutan perusahaan akan terjamin dengan baik. Oleh karena itu, program-program CSR lebih tepat apabila digolongkan sebagai investasi dan harus menjadi strategi bisnis dari suatu perusahaan.

Contoh bentuk dari CSR adalah bantuan perbaikan fasilitas sekolah, infrastruktur, tempat beribadah, bantuan kredit untuk pengusaha di pedesaan,

Tinggalkan komentar