extraordinary blog :)

DOLBY DIGITAL CINEMA

Digital cinema atau kita bisa mengartikannya sebagai film yang berformat digital merupakan teknologi digital untuk mendistribusikan dan menayangkan gambar bergerak, pendistribusiannya bisa melalui perangkta keras berupa piringan optik seperti DVD (Digital Versatile/Video Disc) ataupun melalui satelit,

Dolby menunjukan solusi bioskop digital terbaru untuk audio ,jaringan 3D dan masih banyak lagi . Dolby memberikan kemudahan dari sebelumnya dengan para peserta pameran untuk transisi ke bioskop digital dengan lengkap dan handal solusinya. Ini termasuk bioskop digital server, perangkat lunak, dan 3D solusi, serta terbaru dalam pemrosesan audio, CP750 Digital Cinema Processor.

Perkembangan bioskop digital semakin hari semakin berkembang, maka dolby dengan bangga memeberikan teknologi premium di audio digital dan di sinema digital

DOLBY CP750

Komitmen dolby untuk menyederhanakan sinema digital yang mana memberikan fasilitas yg mudah dan ekonomis. Dirancang untuk bekerja dengan lingkungan sinema digital yang baru serta konten alternatif, dan server sinema digital.  Prosesor menggunakan interface-dan setup kuat / software remote, dan dapat memutar ulang audio digital PCM.Dengan membiarkan teater jaringan pusat operasi untuk mengelola sistem, unit dapat dimonitor, dikontrol, dan upgrade dari satu lokasi terpusat melalui Internet. CP750 bisa memproses pendengaran dan mengurangi gangguan penglihatan trek yang kadang terganggu.

Dolby 3D Digital Cinema

  • Berkualitas tinggi yang fleksibel-solusi 3D, yang mendukung baik 2D dan 3D pemutaran tanpa perlu sebuah auditorium 3D khusus atau layar perak khusus
  • Menyediakan serta memberikan pengalaman menonton yang luar biasa untuk  2D dan konten 3D
  • Menggunakan teknologi penyaringan warna yang unik untuk reproduksi warna realistis dan kristal gambar jelas.
  • Fitur Dolby 3D yang dapat dipakai ulang ratusan kali, menyediakan model keuangan yang menarik serta solusi ramah lingkungan

Dolby Digital Cinema Server

  • Termasuk Store Show Dolby (DSS100) dan Player Show Dolby (DSP100)
  • Built-in Screen Management System (SMS) software Built-in Screen Management System (SMS) perangkat lunak
  • DSS100 menampung hingga sekitar delapan film saat ini rata-rata ukuran file
  • DSP100 sandi data film, decode gambar dan suara, dan output data citra reencrypted ke proyektor sinema digital

Dolby Tampilkan Perpustakaan

  • Memungkinkan peserta untuk memuat konten digital dari server pusat melalui Ethernet, USB 2.0, satelit, DVD, atau drive removable hard
  • Membagi-bagikan file elektronik dan secara otomatis ke jaringan sistem Dolby Digital Cinema seluruh multipleks
  • Memungkinkan operator teater untuk dengan mudah memprogram jadwal seluruh film, termasuk iklan pada layar, dengan menggunakan drag-and-drop Dolby sofware manager menampilkan antarmuka manager dan  perangkat lunak

TENTANG LABORATORIUM DOLBY

Didirikan pada tahun 1965 dan paling terkenal untuk-kualitas audio yang tinggi dan surround sound, Dolby menciptakan inovasi yang memperkaya hiburan di film, di rumah, atau di mana saja.

Hardware yang digunakan

Untuk menghasilkan sebuah digital cinema,  harus selalu didukung oleh beberapa hardware yang mendukung diantaranya kamera dan proyektor.

Kamera Digital

Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang daat membaca media simpan digital tersebut.

Kemudahan dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan, kemudahan memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan warna, ketajaman, kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah daripada kamera manual.

Kamera-kamera baru seperti Arriflex D-20 dapat menangkap gambar dengan resolusi 2K, dan kamera bernama Red One keluaran perusahaan Red Digital Cinema Camera Company dapat merekam dengan resolusi 4K.

Proyektor

Proyektor adalah sebuah alat untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa.

Ada beberapa tipe proyektor yang digunakan untuk menayangkan digital cinema, diantaranya proyektor DLP dan DCI. Untuk  Proyektor DLP resolusi yang dihasilkan sebesar 1280×1024 atau setara dengan 1.3 megapiksel. Sedangkan proyektor DCI memiliki dua jenis spesifikasi, yaitu 2K (2048×1080) atau setara 2.2 MP dan 4K (4096×2160) atau setara dengan 8.85 MP.

PERKEMBANGAN DUNIA FILM SAAT INI

Semakin hari perkembangan film mencapai puncaknya, yang dahulu film hanya hitam dan putih, resolusi gambar nya yang belum mencapai kualitas yang baik hingga sekarang kualitas yang ditawarkan film-film saat ini sudah jauh lebih bagus daripada yang dulu. Dengan screen yang berwarna-warna, banyak terkandung beberapa ekspresi serta bahkan sudah ada yang menampilkan efek – efek yang luar biasa yang tentunya memukau para penikmat film.

Salah satunya adalah pada film transforme

Sebuah Maha karya terbaru dari Michael Bay (The Rock,Armageddon,Pearl Harbor), yang bekerjasama dengan Spielberg (Jaws,Jurrassic Park,Schlinder’s List) sebagai executive producers-nya berjudul TRANSFORMERS baru saja premiere di Indonesia. Bercerita tentang film kartun era 80an yang lalu dimana ada robot-robot dari luar angkasa yang ingin mengambil alih dunia sebagai tempat tinggal mereka. Memang simple alur cerita yang ditawarkan dalam film ini akan tetapi kita akan dibuat takjub dengan visual effects dari ILM (INdustrial Light and Magic milik sutradara legendaris George Lucas) yang disuguhkan dengan sangat apik dalam film ini.

Meskipun diisi oleh wajah baru dalam film ini (hanya ada 1 aktor kawak John Voight yang berperan sebagai menteri pertahanan amerika) akan tetapi tidak membuat kita tidak ingin meninggalkan layar untuk menonton film ini.Bahkan akan sangat disayangkan sekali jika kita tidak berkonsentrasi penuh selama menonton film ini karena gambar-gambar yang disajikan bergerak dengan sangat cepat sekali. Selain itu, sepanjang film yang nota bene adalah film keras (action), kita tidak akan tegang karena penulis naskahnya mampu menyelipkan humor-humor segar yang sangat lucu disepanjang film. Terutama pada saat robot-robot transformers yang sangat besar harus bermain petak umpet dengan manusia agar tidak diketahui keberadaannya.

OPINI

Dunia perfilman  telah mencapai puncak perkembangannya,software serta hardware yang semakin canggih mendukung bioskop digital untuk memberikan kualitas yang baik bagi peminat film. Saya adalah salah satu orang yang sangat menikmati kecanggihan film – film yang disajikan. Berbagai macam film – film menunjukan kelebihannya masing-masing seperti menampilkan efek-efek yang memukau serta resolusi gambar yang layaknya seperti nyata.

http://investor.dolby.com/ReleaseDetail.cfm?releaseid=373725

www.dolby.com

Tinggalkan komentar